SMOBER Juara 1 ERIC 2017

SMOBER Juara 1 ERIC 2017

      SMOBER (Smoke Absorber): Smart Technology bagi Perokok Aktif untuk Meminimalisir dan  Memproteksi Perokok Pasif dari Paparan Asap Rokok yang Dihasilkan. Itulah karya yang akan dibuat oleh Anggi Maulana Amrullah (Pend. Teknik Mesin), M. Garin Alkautsar Rozid (Pend. Teknik Mekatronika), dan Arnum Sari Khoirunnisa (Fisika). Dengan proposal karya cipta tersebut, ketiga mahasiswa berhasil meraih juara 1 pada perlombaan ERIC (Engineering Research and Innovation Competition) yang diselenggarakan di FT UNY pada 11 Mei 2017. ERIC sendiri merupakan "miniatur" lomba proposal PKM 5 bidang yang diselenggarakan oleh UKMF Matriks FT UNY, dan diikuti oleh mahasiswa UNY.

      Karya SMOBER lahir karena keprihatinan ketiga mahasiswa akan tingginya angka perokok aktif di Indonesia. Meskipun telah banyak kampanye dan sosialisasi mengenai bahaya merokok, jumlah perokok aktif belum menurun secara signifikan. Dampak negatif rokok tidak hanya pada perokok aktif, tapi juga perokok pasif. Itulah kenapa perlu dibuat alat yang mampu mereduksi zat berbahaya pada asap rokok, khususnya untuk melindungi perokok pasif.

      Alat ini didesain bersifat portable, sehingga memungkinkan untuk dibawa ke mana-mana, termasuk ke ruang publik yang belum ada fasilitas khusus yang memisahkan antara perokok aktif dan pasif. Komponen utama dari alat ini adalah baterai, kipas penghisap, karbon aktif, dan strimin. Dengan alat ini diharapkan tingkat resiko perokok pasif untuk terpapar zat berbahaya dari asap rokok dapat diminimalisir. (SR)