DOSEN MESIN RAIH THE BEST PRESENTER AWARD DALAM THE 4TH ICPRC DI PHUKET THAILAND

Perkembangan ilmu material beberapa tahun terakhir mengalami kemajuan yang sangat pesat. Barang-barang yang sebelumnya hanya dapat dibuat dengan bahan dan proses khusus yang membutuhkan biaya mahal, kini dapat diatasi dengan berbagai temuan produk berbahan plastic, rubber, dan composite yang relatif lebih murah. Selain itu, produk yang dihasilkan memiliki kualitas yang setara atau bahkan lebih baik, ketersediaan bahannya berlimpah, dan ramah lingkungan. Beberapa produk tersebut juga menggunakan bahan yang selama ini belum termanfaatkan.  

 

Berkenaan dengan hal itu, seorang dosen FT UNY telah berhasil mempresentasikan makalahnya pada gelaran The 4th International Conference on Plastic, Rubber and Composite (ICPRC) yang diselenggarakan di  Ibis hotels, Patong, Phuket, Thailand pada tanggal 19-20 Mei 2017. Adapun topik kegiatan ini meliputi plastic, rubber, composite, management dan energy.

 

Dosen UNY peserta seminar tersebut adalah Dr. Ir. Mujiyono, MT. W.Eng. IPM. dan Dr. Eng. Didik Nurhadiyanto, MT. dari Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY. Mereka mempresentasikan makalahnya yang berjudul Ramie Fiber Reinforced Epoxy (RFRE) Composite for Bulletproof.  Makalah tersebut merupakan hasil penelitian kolaborasi antara UNY, UNDIP Semarang dan AAU Yogyakarta. Dalam presentasi tersebut mereka berhasil memperoleh the best presenter award.

 

Konferensi tersebut diikuti oleh berbagai negara seperti Indonesia, Singapore, Chech Republic, Rusia, Philippines, Columbia, India, Malaysia, dan Thailand. Peserta kebanyakan dari universitas terkemuka dan industri di negara-negara tersebut. Kepanitian kegiatan ini melibatkan banyak negara, antara lain Thailand, Malaysia, USA, India, dan Indonesia. Peserta dan panitia memberikan sambutan yang baik dan positif terhadap penelitian yang telah dilakukan dan dipresentasikan selama konferensi oleh peserta dari UNY.

 

Presentasi berjalan lancar dan mendapat masukan dari audiens sehingga terjalin komunikasi dengan pihak-pihak yang berminat mengadakan kolaborasi ke depannya. Beberapa pihak yang hadir di sesi paralel sempat mengajak untuk berkolaborasi dalam penelitian, dan mereka memberikan kartu nama sebagai bukti keseriusannya. Setelah seminar ini, paper yang bersangkutan terpilih untuk diterbitkan dalam jurnal Advanced and Applied Science (ISSN: 2313-626X) yang terindeks Thompson Reuters. (sr)