Pelatihan dan Sertifikasi Bidang Pemesinan Bubut & Pengelasan

Tempat Uji Kompetensi Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY (TUK-JPTM FT UNY No Reg: TUK/074 LSP-LMI) bekerjasama dengan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia dan Lembaga Sertifikasi Profesi Logam dan Mesin Indonesia (LSP LMI) kembali mengadakan kegiatan peningkatan SDM Industri melalui pelatihan dan sertifikasi. Kegiatan yang diselenggarakan 19 s.d. 28 Oktober 2015 ini diikuti oleh 20 peserta yang berasal dari 7 industri di wilayah Yogyakarta yaitu:

1. UD Rekayasa Wangdi
2. PT Purosani Prima
3. CV Harimukti Teknik
4. PT Musaba Las & Fabrikasi
5. CV Aneka Teknik
6. CV Karya Perkakas Jogja
7. PT Mega Andalan Kalasan

Dari empat skema sertifikasi yang ada di TUK JPTM FT UNY yaitu: a) Pengelasan (welding), b) Pemesinan Bubut (Lathe Machining), c) Computer Aided Design (CAD), d) Computer Numerical Control (CNC), pada kesempatan kali ini skema pelatihan dan sertifikasi yang diselenggarakan adalah untuk bidang pemesinan bubut konvensional dan pengelasan, dengan tema kegiatan:

1. Peningkatan Kemampuan SDM Industri Alat Kesehatan Melalui Sertifikasi Kompetensi di Bidang Pemesinan untuk Pembuatan Holder Rim Kursi Roda, dan
2. Peningkatan Kompetensi SDM Industri Perkakas di Bidang Pengelasan untuk Pembuatan Pallet Conveyor Industri

Adanya pelatihan dan sertifikasi ini merupakan salah satu upaya strategis dalam rangka menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi Asean), terutama untuk menghasilkan tenaga kompeten yang bersertifikat. Sertifikat kompetensi merupakan modal utama bagi para pekerja Indonesia untuk bisa bersaing dengan pekerja asing ketika MEA sudah benar-benar diterapkan. (Surono)