Jurusan & Program Studi

                              

Jurusan Pendidikan Teknik Mesin memiliki dua progran studi yaitu Program Studi Pendidikan Teknik Mesin - S1 dan Program Studi Teknik Mesin - D3. Program Studi Pendidikan Teknik Mesin diarahkan untuk menhasilkan tenaga pendidik dan kependidikan kejuruan dalam bidang teknik mesin. Sedangkan kurikulum Program Studi Teknik Mesin diarahkan untuk menghasilkan ahli madya bidang teknik mesin yang dapat berperan sebagai supervisor, teknisi maupun wirausahawan. Untuk memperdalam bidang keahliaan, pada semester empat mahasiswa dibagi dalam tiga konsentrasi yang meliputi:

  1. Konsentrasi Perancangan : Konsentrasi ini ditujukan untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan dasar dan aplikasi perancangan teknik mesin. Dalam prakteknya mahasiswa dibekali dengan berbagai macam software sepertiAutocad, Inventor, Solid Work, dan sebagainya.
  2. Konsentrasi Pemesinan  : Konsentrasi pemesinan difokuskan untuk membekali mahasiswa agar memiliki kemampuan untuk merencanakan proses produksi. Dalam prakteknya mahasiswa dibekali dengan kemampuan dalam mengaplikasikan proses produksi dengan mesin konvensional mauu non konvensional diantaranya: mesin bubut, mesin frais, mesin gerenda, EDM, CNC, wire cutting, dan sebagainya.
  3. Konsentrasi Fabrikasi dan Pengelasan : Konsentrasi ini difokuskan untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan merencanakan dan melaksanakan proses fabrikasi maupun pengelasan. Dalam prakteknya mahaissw diberi bekal dan kemampuan untuk melakukan kerja plat dan berbagai macam pengelasan (SMAW, GTAW, TIG, MIG) dengan berbagai macam bahan.

Profil lulusan program studi S1-pendidikan Teknik Mesin :

  1. Pendidik dan Tenaga Kependidikan.kejuruan teknik mesin di Sekolah Menegah Kejuruan (SMK).
  2. Pendidik kejuruan teknik mesin di pusat-pusat pelatihan dan industri.
  3. Pranata Laboratorium Pendidikan.
  4. Peneliti

Profil lulusan program studi D3- Teknik Mesin :

  1. Supervisor bidang teknik mesin.
  2. Teknisi bidang teknik mesin.
  3. Technoprenuer bidang teknik mesin