Program Studi Strata-I Pendidikan Teknik Mesin

Kaprodi Strata-I Pendidikan Teknik Mesin
 
Visi

Menjadi Program Studi yang unggul, kreatif, dan inovatif dibidang pendidikan teknik mesin berlandaskan ketakwaan, kemandirian, dan kecendekiaan pada tahun 2025

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran bidang kependidikan teknik mesin jenjang Sarjana yang unggul, kreatif, dan inovatif berlandaskan ketaqwaan, kemandirian, dan kecendekiaan.
  2. Menyelenggarakan penelitian untuk menemukan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi yang mendukung pembelajaran di bidang pendidikan teknik mesin, serta memberikan kemanfaatan langsung terhadap masyarakat baik lokal, nasional maupun internasional.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat secara kreatif dan inovatif yang berbasis riset untuk mewujudkan kesejahteraan dan kemajuan masyarakat baik lokal maupun nasional.
  4. Melaksanakan kerjasama dengan lembaga pemerintah, pendidikan, dunia usaha dan industri untuk meningkatkan mutu pelaksanaan tridharma dengan asas kesetaraan dan saling menguntungkan.
  5. Menciptakan proses dan lingkungan pembelajaran yang mampu memberdayakan mahasiswa secara kreatif dan inovatif untuk melakukan pembelajaran sepanjang hayat berdasarkan ketakwaan, kemandirian, dan kecendekiaan.

Sasaran Mutu

  1. Peningkatan kualitas proses pembelajaran
  2. Meningkatkan kegiatan penelitian
  3. Meningkatkan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM)
  4. Peningkatan prestasi akademik mahasiswa
  5. Peningkatan prestasi mahasiswa dalam kompetisi akademik
  6. Peningkatan output lulusan Prodi Pendidikan Teknik Mesin
  7. Peningkatan kerjasama dengan sekolah dan industri

Program Pendidikan Teknik Mesin diselenggarakan untuk menghasilkan calon guru, instruktur, pranata laboratorium dan tenaga peneliti di bidang teknik mesin. Mahasiswa yang lulus dari Program Studi Pendidikan Teknik Mesin berhak menyandang gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd.).

Pembelajaran di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin (Prodi PTM) didesain mengacu kepada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) level 6. Tujuan pembelajaran adalah untuk memberikan bekal kepada mahasiswa agar menguasai konsep teoritis di bidang pendidikan kejuruan teknik mesin dan mampu mengaplikasikan ilmu pendidikan dan teknik mesin untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi di lapangan. Pengalaman pembelajaran yang diberikan meliputi perkuliahan teori di kelas, kegiatan praktikum di laboratorium, praktik di bengkel, magang kependidikan atau Praktik Lapangan Terbimbing (PLT), praktik industri, dan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Selain itu, Prodi PTM juga menyelenggarakan Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Profil Lulusan Program Studi D-IV Teknik Mesin

Lulusan program studi Pendidikan Teknik mesin S1 diharapkan berkontribusi dalam pembangunan pendidikan kejuruan dan vokasi di Indonesia. Lulusan program studi pendidikan Teknik Mesin S1 memiliki peluang bekerja di Sekolah Menengah Kejuruan, Pusat Pelatihan Kejuruan (Training Center) di Industri, Akademi Komunitas, Politeknik, Balai Latihan Kerja, dan lain-lain. Adapun profil lulusan program studi pendidikan teknik mesin S1 sebagai berikut.

No

Profil Lulusan

Deskripsi

1

Guru SMK program keahlian Teknik Mesin

Pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik SMK program keahlian Teknik Mesin

2

Widyaiswara/Instruktur pendidikan dan pelatihan vokasional bidang teknik mesin 

Instruktur profesional pada program pendidikan dan pelatihan sumber daya manusia bidang teknik mesin di industri, Balai Latihan Kerja, Balai Pendidikan dan Latihan Kerja, Akademi Komunitas, dan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

3

Pranata Laboratorium Pendidikan

Teknisi/laboran profesional yang memiliki tugas, tanggung jawab, dan wewenang untuk melakukan pengelolaan laboratorium pendidikan bidang teknik mesin baik di SMK, Politeknik, maupun  Universitas.