TC-TUK

                                                                                TRAINING CENTER DAN TEMPAT UJI KOMPETENSI

                                                                                      Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY

                                   

 

Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) harus disikapi dengan optimis baik oleh kalangan dunia industri maupun dunia pendidikan. Untuk dapat berkontribusi secara optimal dalam era MEA, maka  perlu disiapkan SDM yang unggul. Dalam bidang teknik mesin, harus disiapkan SDM yang kompeten dan bersertifikat.

Dalam rangka meningkatkan peran serta perguruan tinggi menghadapi MEA, Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY menyelenggarakan pelatihan bidang teknik mesin melalui unit training center (TC-JPTM). Selain pelatihan, TC-JPTM bekerjasama dengan TUK-JPTM menyelenggarakan sertifikasi kompetensi untuk bidang teknik mesin. TUK-JPTM merupakan unit yang berada di bawah koordinasi Lembaga Sertifikasi Profesi Logam dan Mesin Indonesia (LSPLMI) dengan nomor ijin/lisensi TUK-074 dan memiliki kewenangan untuk melaksanakan uji kompetensi sesuai dengan standar yang dikeluarkan oleh BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi), khususnya bidang teknik mesin dengan skema sertifikasi : Pengelasan, Pemesinan Bubut, CNC dan CAD.

SKEMA

TC-JPTM FT UNY melayani pelatihan bagi umum, baik institusi maupun individu untuk 4 bidang kompetensi yaitu: 1) Computer Aided Design (CAD), 2) Computer Numerical Control (CNC), 3) Pengelasan (Welding), 4) Pneumatik dan Hidrolik. Pelatihan akan didampingi oleh instruktur berpengalaman dan bersertifikat di bidangnya.

KEWENANGAN

Menyelenggarakan pelatihan dan uji kompetensi secara independen yang didasarkan pada standar kompetensi kerja nasional bidang logam dan mesin serta membuat rekomendasi keputusan hasil penilaian/uji kompetensi untuk skema sertifikasi yang diujikan.

*)Informasi lebih lanjut, silahkan mengunduh (download) leaflet pada bagian Lampiran