Delegasi Mahasiswa JPTM FT UNY menjuarai Welding Competition 2019 di Cilegon

          Mahasiswa yang didelegasikan mengikuti Welding Competition 2019 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Metalurgi, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Sabtu (30/11) berhasil menyabet Juara 1 dengan saingan yang merupakan mahasiswa dan utusan dari PT (Perseorangan Terbatas).

            Dua delegasi yang dikirimkan oleh Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, melalui pemberdayaan dari HIMA MESIN tersebut antara lain: Dadang Eka Syahputra (PTM-2019), Khairul Irsyad (D4 TM-2019), dan kemudian didampingi oleh Arif Abdul Rachman (PTM-2015). Setelah perlombaan yang berlangsung hampir setengah hari itu, juri kemudian menetapkan 3 juara utamanya, yakni Dadang sebagai Juara Pertama lomba mengelas tersebut.

            Dadang mengaku, capaian yang ia peroleh disana juga merupakan kerja keras, bimbingan, dan juga dukungan dari rekan-rekannya, khususnya dari HIMA Mesin FT UNY. Persiapan yang dilakukan oleh Dadang dan Irsyad dalam mengikuti kompetisi tersebut dimulai sejak kurang lebih satu bulan sebelum berangkat, setiap hari sabtu dan minggu digembleng untuk latihan. Ketiganya kemudian berangkat dari Terminal Jombor, H-2 menjelang lomba tersebut, pukul 4 sore dan kemudian sampai di lokasi pukul 5 pagi esok hari. Perlombaan dan Techical Meeting dilaksanakan di Balai Latihan Kerja, Cilegon, yang tidak jauh dari lokasi Kampus Untirta.

            Perlombaan tersebut berlangsung pada hari sabtu, mulai pukul 08.00-15.00 WIB, dengan dibagi menjadi dua kelas, yakni perlombaan untuk siswa SMK dan perlombaan untuk Mahasiswa dan Umum, serta dikelompokkan dalam beberapa kloter untuk eksekusinya. Peserta kemudian diperkenankan untuk beristirahat dan menunggu hasil rekapitulasi nilai selesai. Pada pukul 17.30 WIB hasil perlombaan tersebut diumumkan.

            Dadang mengaku, dalam pengelasan atau welding itu memang membutuhkan keterampilan khusus. Hasil pengelasan harus rapi, kuat, dan tidak ada crack atau kerusakan. Dia berharap perlombaan tersebut dapat memotivasinya dan peserta lain untuk terus mengasah skill dibidang welding.