In House Training

Pada hari Jum’at, 11 September 2015 Jurusan Pendidikan Teknik Mesin mengadakan In House Training yang diisi dengan pemaparan tim dari CV Mikro Teknik. Kegiatan yang diadakan di Ruang Transit KPLT Lt 2 ini dihadiri kurang lebih 15 orang peserta yang terdiri dari dosen, teknisi, dan mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Mesin Program Pascasarjana UNY. Pada awal pertemuan, diputarkan sebuah film mengenai “pekerja keras vs pekerja cerdas”. Pesan penting yang disampaikan dalam film tersebut adalah untuk mencapai sukses, kita perlu berbuat lebih dengan menggunakan akal pikiran untuk kepentingan jangka panjang.

Materi selanjutnya mengungkap mengenai metode untuk mencapai hasil efektif. Aspek penting yang ditekankan dalam upaya mencapai hasil efektif adalah kita hendaknya berpikir “bagaimana baiknya” bukan “bagaimana enaknya”. Langkah selanjutnya, kita harus mempunyai acuan dan konsisten dengan acuan tersebut. Konsistensi perlu dijaga dengan sikap yang baik agar tercapai tujuan (hasil akhir) yang baik pula.

Kegiatan kemudian dilanjutkan kembali dengan pemaparan mengenai proses machining yang efektif; pengenalan tool, standadr centre, dan produk baru mesin CNC dengan berbagai fitur dan keunggulannya. Dalam pelatihan tersebut, dibahas pula mengenai perhitungan RPM, feeding, waktu kerja sesuai kehalusan yang diinginkan, dan perhitungan cost dan hasil/kerja. In house training tersebut kemudian ditutup dengan sesi tanya jawab dan kunjungan ke bengkel pemesinan oleh tim dari CV Mikro Teknik. (Surono)