Pelatihan Tool Grinding untuk Guru SMK di DIY

Dalam rangka Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) berbasis hasil penelitian, pada hari Sabtu s.d. Minggu, 04 s.d. 05 Juni 2016 diadakan Pelatihan Tool Grinding untuk Guru SMK di DIY. Kegiatan bertema “Pelatihan Tool Grinding Pahat Bubut Tipe Oblique untuk Meningkatkan Kompetensi Mengajar Guru SMK dan Kualitas Hasil Praktik Pemesinan Bubut di SMK DIY” ini diikuti oleh 25 peserta, yaitu guru-guru SMK di DIY. Pelatihan sepenuhnya dilaksanakan di workshop pemesinan Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY.

Bertindak selaku instruktur dalam pelatihan ini yaitu Prof. Dr. Thomas Sukardi; Edy Purnomo, M.Pd.; dan Surono, M.Pd. Materi pelatihan terdiri dari teori dan praktik. Adapun materinya secara rinci yaitu: 1) macam-macam jenis/tipe pahat bubut, 2) pemilihan jenis pahat bubut yang sesuai dengan bahan yang dikerjakan dan proses pembubutan yang dilakukan, 3) optimalisasi proses pemesinan bubut, 4) pemaparan hasil penelitian mengenai pengaruh tipe pahat terhadap kualitas hasil praktik pemesinan bubut, 5) penajaman/pengasahan pahat bubut, 6) praktik penajaman/pengasahan pahat bubut, dan 7) praktik pembubutan benda kerja.

Kegiatan PPM ini didasari oleh hasil penelitian yang dilakukan oleh Prof. Dr. Thomas Sukardi pada tahun 2015 mengenai “Pengaruh Tipe Pahat Terhadap Kualitas Hasil Praktik Pemesinan Bubut Mahasiswa Jurusan Mesin FT UNY”. Berdasarkan penelitian tersebut diperoleh kesimpulan bahwa tipe pahat yang cocok dan sesuai pada proses pemesinan bubut adalah tipe oblique. Pahat tipe oblique mempunyai keunggulan waktu tempuh dalam pengerjaan benda kerja yang lebih pendek daripada pahat tipe orthogonal. Selain itu, kualitas geometris hasil kerja praktik pemesinan bubut menggunakan pahat tipe oblique pada aspek kekasaran dicapai hasil yang baik yaitu 3,16 µm atau setara N8 menurut standar ISO.

Berangkat dari hasil penelitian itulah, kegiatan pelatihan ini diadakan agar dapat memberi manfaat lebih luas kepada pihak yang berkepentingan, khususnya dalam hal ini adalah guru SMK teknik pemesinan. Pelatihan tool grinding pahat bubut tipe oblique bagi guru SMK ini diharapkan akan memberikan wawasan baru bagi guru SMK dalam upaya meningkatkan kompetensi mengajarnya. Penguasaan pengetahuan serta keterampilan guru SMK mengenai pahat bubut tipe oblique diharapkan dapat meningkatkan mutu pembelajaran dan kualitas hasil praktik pemesinan bubut. (Surono)