Disnakertrans kembali jalin kerjasama Sertifikasi & Uji Kompetensi Bidang Welding

Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta bekerjasama dengan Disnakertrans (Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi) Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta menyelenggarakan Sertifikasi & Uji Kompetensi Bidang Welding / Las di Laboratorium / Bengkel Fabrikasi Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta dengan peserta yaitu Instruktur BLK, Karyawan Industri, Guru, Siswa SMK, dan Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta.

Aan Ardian, M.Pd., menuturkan bahwa “pelaksanaan Sertifikasi Uji Kompetensi Bidang Welding / Las ini sudah menjadi agenda rutin jurusan dengan Disnakertrans, sering dilaksanakan kerjasama seperti ini dan sangat membantu bagi mahasiswa kami untuk mendapatkan sertifikat kompetensi yang dijadikan sebagai bukti tentang kompetensi welding / las yang dimiliki. Hal ini sudah sesuai dengan instruksi Menteri Ketenagakerjaan mengenai pentingnya sertifikasi sebagai salah satu bukti otentik terhadap kompetensi yang dimiliki oleh tenaga kerja sehingga dapat dijadikan asset untuk bersaing dengan tenaga kerja lainnya”.

Program Sertifikasi ini terdiri dari beberapa tahapan, yaitu Program pembinaan terhadap peserta agar sikap yang dimiliki sesuai dengan skill yang dibutuhkan industry era saat ini; Pelatihan Standarisasi dan Pemagangan guna menyeleksi para peserta layak atau tidaknya untuk mengikuti uji kompetensi. Tahapan berikutnya adalah Uji Kompetensi yang terdiri dari uji teori serta uji praktik. Harapan dari kegiatan ini adalah agar peserta dapat mendapatkan sertifikat kompetensi dan bermanfaat sebagai pengakuan atas kompetensi yang dimiliki dalam bidang welding / las.