Lomba Kompetensi Dalam Rangka Dies Natalis ke 54 FT UNY

[Yogyakarta]-Dalam rangka ikut memeriahkan Dies Natalis Fakultas Teknik UNY yang ke 54, Jurusan Pendidikan Teknik Mesin menyelenggarakan beberapa lomba kompetensi bidang teknik mesin untuk tingkat SMK. Lomba tersebut dilaksanakan pada hari Selasa, 03 Februari 2015 yang bertempat di kampus jurusan pendidikan teknik mesin. Jenis perlombaan yang dilaksanakan ada 2 (dua) bidang kompetensi yaitu adalah kompetensi pengelasan dan kompetensi menggambar berbantu komputer (CAD).

Kategori lomba bidang kompetensi pengelasan adalah pengelasan SMAW posisi 3G. Lomba dilaksanakan di workshop Fabrikasi jurusan pendidikan teknik mesin, yang diikuti oleh 14 orang peserta dari berbagai SMK yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah bahkan Jawa Timur. Beberapa sekolah yang mengirimkan peserta lomba tersebut diantaranya adalah SMK Pembangunan Depok Yogyakarta, SMK 3 Yogyakarta, SMK PGRI Medanan Madiun, SMK Negeri I Sedayu, SMK Negeri 2 Pengasih dan SMK Negeri 3 Purbalingga.

Sedangkan untuk lomba bidang kompetensi menggambar teknik dengan sistem CAD atau yang lebih dikenal dengan istilah lomba rancang bangun ini dilaksanakan di laboratorium CAD jurusan pendidikan teknik mesin. Lomba ini meng-kompetesi-kan kemampuan para siswa dalam membuat gambar model 3D suatu komponen atau alat dan juga membuat gambar kerjanya dengan menggunakan bantuan software aplikasi gambar 3D. Lomba ini diselenggarakan pada hari yang sama dengan lompa pengelasan, dengan diikuti oleh 16 orang peserta, dari beberapa sekolah diantaranya SMK Mikael Surakarta, SMK 1 Semarang, SMK Wisuda Karya Kudus dan juga SMK 7 Semarang.

Pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah masing-masing lomba tersebut akan dilaksanakan bersamaan dengan upacara Dies Natalis ke 54 FT UNY pada hari Sabtu, 07 Februari 2015 di Gedung KPLT lantai 3 FT UNY.