Seminar Proposal/Instrumen Penelitian Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY

Sesuai amanah Undang-Undang Guru dan Dosen No. 14 tahun 2005 pasal 60 maka dosen berkewajiban melaksanakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat. Khusus berkenaan dengan penelitian, di UNY semula dipusatkan di Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Universitas Negeri Yogyakarta. Namun sejak tahun 2009, UNY telah menerapkan kebijakan otonomi sehingga memberi kewenangan kepada setiap fakultas untuk mengelola kegiatan penelitian yang dibiayai sendiri oleh fakultas.
Penelitian di Fakultas Teknik (FT) tahun 2016 ini dikategorikan dalam 6 skim, yaitu: 1) Penelitian Dosen Muda, 2) Penelitian Kelompok, 3) Penelitian Mandiri (khusus untuk dosen yang sedang studi lanjut/ijin belajar), 4) Penelitian Kolaborasi Dosen-Mahasiswa, 5) Penelitian Hibah Fakultas (non Kompetitif), dan 6) Penelitian Swadana. Berdasarkan proses seleksi yang telah dilakukan sebelumnya, Jurusan Pendidikan Teknik Mesin meloloskan 10 proposal penelitian, yaitu:
1. “Rekayasa Mesin Centrifugal Casting untuk Pipa BNCT berbahan Alumunium Murni” oleh: Dr. Eng. Didik Nurhadiyanto, M.T.; Dr. Mujiyono, M.T.; Febrianto Amri Ristadi, S.T., M.Eng.Sc.; Dian Adi Kurniawan, Sukma Kurniawan, Ardi Maulana Mubarok.
2. “Karakterisasi Ball Grinder Produksi CV Baja Ellips Ceper Klaten” oleh: Tiwan, M.T.; Arianto Leman Soemowidagdo, M.T.; Drs. Nurdjito, M.Pd.
3. “Rekayasa Alat Peraga Pompa Seri dan Paralel untuk Laboratorium Guna Mendukung Pembelajaran Mekanika Fluida di Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY” oleh: Drs. Jarwo Puspito, M.P.; Ir. Muh. Khotibul Umam Hs, M.T.
4. “Relevansi Teori Pilihan Bidang Vokasi dan Wawasan Karir siswa Terhadap Pilihan Karir Siswa SMK di DIY” oleh: Dr. Widarto, M.Pd.; Muhammad Ali, M.T.; Dr. Tawardjono Us., M.Pd.; Dr. Kokom Komariah, M.Pd.
5. “Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMK Jurusan Teknik Meisn Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif” oleh: Dr. sutopo, M.T.; Paryanto, M.Pd.; Aan Ardian, M.Pd.; Arif Marwanto, M.Pd.; Yohanes Aji Pamungkas; Moh. Ricky Alvian; Rifqi Zulhilmi, Rizki Suryo Pambudi.
6. “Analisis Heat Input pada Pengelasan GMAW Baja Plat Kepal A36 Terhadap Kekuatan Tarik, Kekerasan, Ketangguhan, Struktur Mikro dan Distorsi” Oleh: Heri Wibowo, M.T.
7. “Kualitas Visi Pola Pikir dan Profil Soft Skill Mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta” Oleh: Dr. Dwi Rahdiyanto, M.Pd.; Prof. Dr. Th. Sukardi; Dr. Zainur Rofiq, M.Pd.; Subiyono, M.P.; Intan Ratna Sari.
8. “Pengembangan Quick Change Tool Post Sets and Holders pada Mesin Bubut Ciamix Sebagai Upaya Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Praktik Pemesinan Bubut” Oleh: Achmad Arifin, M.Eng.; Surono, M.Pd.
9. “Evaluasi Pelaksanaan Praktik Pembentukan bahan di Bengkel Fabrikasi Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY” oleh: Arif Marwanto, M.Pd.; Aan Ardian, M.Pd.; Drs. Suyanto, M.Pd., M.T.
10. “Pengembangan Media/Alat Bantu Bubut Radius (Radius Turner) untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa di Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY” oleh: Nurdjito, M.Pd.; Paryanto, M.Pd.; Surono, M.Pd.

Bertempat di Lab Metrologi pada Kamis, 23 Juni 2016 tim peneliti atau perwakilan dari kesepuluh judul penelitian yang lolos seleksi telah mempresentasikan proposal dan instrumennya untuk mendapat masukan dari peserta lain. Dengan seminar ini, selain untuk memenuhi kewajiban diharapkan juga penelitian yang akan dilaksanakan menjadi lebih baik. (Surono)