MENGENAL LEBIH JAUH PRODI TEKNIK MANUFAKTUR-S1, PRODI ILMU MURNI BARU DI JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK MESIN

Tahun 2019 menjadi tahun bersejarah untuk FT UNY, karena pada tahun ini ada 4 Prodi S1 ilmu teknik murni (non kependidikan) baru yang dibuka. Keempat Prodi tersebut yaitu Teknik Manufaktur, Teknologi Informasi, Teknik Sipil, dan Teknik Elektro. Dari keempat Prodi baru tersebut, Prodi S1 Teknik Manufaktur merupakan Prodi ilmu murni yang berada di bawah naungan Jurusan Pendidikan Teknik Mesin. Dr. Eng. Ir. Didik Nurhadiyanto, M.T. yang dipercaya menjadi Kaprodi menyampaikan bahwa kekhususan yang ada pada Prodi ini terletak pada integrasi antara perancangan produk, perancangan proses, dan penerapan teknologi bidang manufaktur.

"Integrasi antara ketiga bidang tersebut sangat penting untuk dapat menjawab tantangan dunia kerja dan pesatnya laju perkembangan teknologi bidang manufaktur", tutur dosen yang meraih gelar Doktor-nya di Jepang ini. Lebih lanjut, beliau menyampaikan bahwa Proses poembelajaran didesain untuk dapat menjamin lulusan memiliki kesiapan sesuai level 6 KKNI. Hal tersebut tercermin dari karakteristik Prodi S1 Teknik Manufaktur melalui sistem pembelajaran yang berorientasi pada model student centered learning, contextual teaching and learning serta hands on experience di mana mahasiswa diposisikan sebagai manusia utuh dengan beragam potensi, sehingga iklim pembelajaran perlu diupayakan untuk mendukung berkembangnya potensi peserta didik secara optimal.

Pola hands on experience yang ditekankan pada pembelajaran, menjadikan mahasiswa akan memiliki gambaran nyata mengenai dunia kerja yang akan dihadapinya kelak. Wujudnya adalah dengan berbagai kegiatan lapangan yang akan bekerjasama dengan industri, lembaga/badan diklat, balai pelatihan, dan dunia usaha lainnya. Aspek soft skill juga menjadi perhatian yang tak kalah penting untuk dikembangkan. Prospek kerja lulusan Prodi ini sangat luas dan menjanjikan, sebagai contoh yaitu sebagai Product design and development engineer, Research and development engineer, Production process planning engineer, Production engineer, Maintenance and workshop engineer, Production planning and inventory control engineer, Quality control engineer, Bisnis/wirausaha di bidang manufaktur serta konsultan desain dan proses manufaktur.