Kunjungan Industri dan Studi Banding

Kebijakan sistem pendidikan di perguruan tinggi khususnya bidang vokasional hendaknya diprioritaskan pada aspek pemberdayaan potensi sumber daya manusia,  mengingat perlunya pemenuhan tenaga kerja terampil dan ahli untuk menghadapi era global sekarang ini. Arus globalisasi menuntut setiap individu untuk siap berkompetisi dengan bangsa asing di dunia industri. Salah satu langkah untuk menghadapi globalisasi tersebut adalah dengan konsep pendidikan link  and match, di mana pendidikan didesain selalu berhubungan dengan pihak industri sebagai pengguna output pendidikan. Dengan langkah ini diharapkan kesenjangan antara dunia pendidikan dengan dunia industri dapat diminimalisir dan dihasilkan calon-calon tenaga kerja terampil dan ahli  yang siap kerja.

Kunjungan Industri  (KI) merupakan salah satu  perwujudan dari konsep link  and match di atas, di mana mahasiswa selama kegiatan KI berlangsung akan mempelajari berbagai hal, khususnya berkaitan dengan proses produksi dan manajemen serta memahami situasi dan kondisi industri yang sebenarnya untuk melengkapi pengetahuan yang telah didapatkan di bangku kuliah. Hal tersebut penting dilakukan mengingat perkembangan industri yang begitu cepat, sementara dunia pendidikan sering kewalahan dan terlambat untuk mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi yang diterapkan di industri. Selain itu, mahasiswa juga diharapkan dapat membuka wawasan yang lebih luas dengan kegiatan studi banding ke perguruan tinggi lain dalam satu rumpun. Oleh karena itu, pada 23-25 November 2016 dilaksanakan kunjungak industri dan studi banding mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Mesin (JPTM) FT UNY  ke PT Pakoakuina dan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yang diikuti oleh 43 mahasiswa didampingi 2 orang dosen yaitu Tiwan, MT. dan Surono, M.Pd.

PT Pakoakuina merupakan industri yang bergerak dalam bidang pengecoran velg untuk mobil dan sepeda motor. Mahasiswa belajar melalui pemaparan dari instruktur dan mengunjungi fasilitas produksi mulai dari pemilihan bahan atau raw material hingga finishing. Kegiatan di PT Pakoakuina ini didampingi oleh instruktur dan jajaran manajemen yang juga merupakan alumni UNY, yaitu Bintoro (manajer produksi melting & casting, alumni JPTM FT UNY), Sidiq (Instruktur, alumni JPTM FT UNY), dan Ade Zezen (manajer produksi, alumni FMIPA UNY).

Selepas kunjungan ke PT Pakoakuina, dilanjutkan dengan studi banding ke UNJ, Prodi Pendidikan Teknik Mesin. Kegiatan di UNJ lebih difokuskan untuk kegiatan kemahasiswaan, yaitu kegiatan Himpunan Mahasiswa. Berbagai hal menjadi bahan sharing antar mahasiswa dari kedua perguruan tinggi, khususnya berkaitan dengan pengelolaan organisasi. Dalam kunjungan ini, pihak UNJ yang mendampingi adalah Kaprodi S1 Pendidikan Teknik Mesin dan Wakil Dekan 3 UNJ. (Surono)