ICOVEMAT Dukung Perkembangan Dunia Teknik Mesin dan Otomotif Dunia

Bidang Teknik Mesin dan Otomotif saling terkait dan berkembang beriringan. Pesatnya perkembangan transportasi dan tingginya permintaan pasar berkenaan dengan berbagai moda transportasi membuat teknologi bidang otomotif juga berkembang pesat, otomatis hal tersebut juga berdampak pada bidang teknik mesin.

Pendidikan vokasional yang bertanggungjawab menyiapkan tenaga kerja terampil harus dapat menyesuaikan dengan perkembangan yang ada.Kurikulum , pembelajaran, sarana, dan prasarana harus disesuaikan dengan tuntutan perkembangan dunia kerja. Prinsip pelatihan profesional menuntut lembaga pendidikan kejuruan untuk selalu sejalan dan beriringan dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI).

Latar belakang itulah yang menguatkan tekad Jurusan Pendidikan teknik Mesin dan Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif untuk menyelenggarakan the first International Conference on Vocational Education of Mechanical and Automotive Technology (ICOVEMAT) 2018 di Hotel Grand Inna Malioboro (20/10/2018). Dr. Zainal Arifin, selaku ketua panitia menjelaskan bahwa ICOVEMAT kali ini mengangkat tema "Innovation and Development in Vocational Education of Mechanical and Automotive Technology for Better Future". Beliau berharap agar konferensi ini dapat memberikan kontribusi positif pada pengembangan keilmuan bidang teknik mesin, teknik otomotif, dan pendidikan vokasional. lebih lanjut, “Forum ini juga diharapkan menjadi wadah berkumpulnya stakeholder di bidang pendidikan mesin dan otomotif guna menjalin dan mewujudkan kerjasama antara asosiasi profesi, praktisi industri kreatif, pemangku kebijakan pemerintah, dan para pakar, peneliti maupun perekayasa perguruan tinggi untuk melahirkan SDM professional maupub wirausahawan-wirausahawan baru bidang mesin dan otomotif ,”ujar Zainal Arifin.

Pembicara utama dalam konferensi ini adalah Assoc. Prof. Ng Heonh Wah dari Nanyang Technical University, Singapore. Pembicara lainnya yaitu Prof. Hishamuddin Jamaluddin, dari Southern University College, Malaysia yang membahas tentang “Control and Automotive System” serta Dr. Putu Sudira dari UNY yang memaparkan tentang “The role of Vocational Education in the era of industrial automation”.